Cara Masuk Dan Keluar Folder Di Command Prompt

Cara melihat isi folder beserta cara masuk dan keluar dari folder di cmd windows dengan script atau syntax yang sederhana dan mudah dipelajari.
Cara Masuk Dan Keluar Folder Di Command Prompt

Pada tahu kan yang namanya command prompt,command prompt merupakan salah satu software buatan microsoft yang berbentuk cli atau command line interface meskipun untuk memakai nya tidak selalu mengklik-klik tetapi disini saya akan memberikan trick dan tutorialnya bagaimana cara mengakses folder menggunakan command prompt.

Daftar Isi

Membuka Command Prompt

Bagi temen-temen sebelumnya yang bingung untuk membuka command prompt bisa mengikuti caranya dengan membaca artikel sebelumnya.

Masuk Ke Folder

Pada tampilan GUI atau Graphics User Interface untuk masuk ke folder cukuplah mudah tetapi untuk command prompt sangatlah berbeda karena kita harus menulis secara manual nama dari folder tersebut.Disini saya masuk pada sebuah folder C:\Users dan saya ingin masuk ke folder RDP77,caranya cukup mudah dengan menggunakan fungsi cd.Jadi dengan mengetikkan cd folder_tujuan,lihat pada baris pertama saya masuk di C:\Users setelah saya masuk ke folder RDP77 directory telah berubah menjadi C:\Users\RDP77 lihat di baris ke dua.

Masuk Folder Di Command Prompt

Keluar Dari Folder

Untuk keluar dari folder dengan menggunakan cd .. lihat pada baris pertama,saya menempati directory C:\Users\RDP77 tetapi setelah keluar dari folder directory menjadi C:\Users.

Keluar Folder Di Command Prompt

Melihat Isi Dari Folder

Nah pasti untuk masuk ke dalam folder kita harus mengetahui nama folder kan,untuk itu kita harus mengetahui isi dari nama folder tersebut dari sini kita bisa tahu nama dari semua folder yang berada di dalamnya.Untuk mengetahuinya silahkan menggunakan dir,pada gambar dibawah ini merupakan isi dari folder C:\Users\RDP77.

Melihat Isi Folder Di Command Prompt

1 komentar

  1. kenapa nama websitenya bisa kepikiran backup otak WKWK