Cara Menginstal Windows XP

Cara Menginstal Windows XP
Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009.

Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik.

Persiapan Yang Dibutuhkan

Adapun persiapan yang dibutuhkan untuk melakukannya setiap langkah memang tidak mudah sih dan tidak selalu menekan tombol next next terus kita harus memahami apa yang kita butuhkan dan kita pelajari,Langsung saja persiapannya adalah sebagai berikut:
  1. File sistem operasi Windows XP yang bisa download disini (Filenya berupa .iso).
  2. Laptop atau PC yang mau di install.
  3. Hardware perantara untuk menginstall seperti flashdisk ataupun cd yang kosong (Karena akan kita format).
  4. Artikel untuk memahami tipe partisi kalian.
  5. Cara membedakan UEFI atau bios.
  6. Artikel untuk bagaimana cara masuk ke bios ataupun uefi.
  7. Cara membuat bootable untuk sistem operasi.

Pembuatan Bootable Untuk Windows XP

Jika selesai menyiapkan yang telah dibutuhkan dan memahami artikel yang telah saya sampaikan sekarang adalah waktu untuk mengeksekusi file sistem operasi windows XP yang telah kita download tadi dengan membuat bootable pada flashdisk ataupun cd,Dengan melihat tutorial yang sudah saya berikan pada poin ke 7.

Menginstal Windows XP

Setelah membuat bootable silahkan matikan laptop atau PC dan masuk ke bios atau UEFI dengan mengikuti artikel di poin ke 6 dan ubah prioritas boot device yang sudah kita buat bootable ke nomor 1 lalu exit and save.

Untuk melanjutkan proses instalasi klik tombol ENTER untuk melanjutkan sedangkan untuk merepair atau memperbaiki Operating windows xp yang sebelumnya sudah terinstall klik tombol R,sedangkan untuk keluar dari instalasi tekan tombol F3.
Cara Menginstal Windows XP Step1

Ini merupakan persetujuan lisensi untuk menggunakan operating windows XP tekan page down untuk bergulir kebawah,page up untuk bergulir ke atas dan F8 untuk mensetujui lisesinya.
Cara Menginstal Windows XP Step2

Nah disini merupakan proses partisi atau proses management dari partisi,dalam gambar tersebut hanya ada 1 partisi karena sebelumnya kita membuat sebuah hardisk kosong yang menandakan masih fresh dan belum di partisi sama sekali.Untuk membuat partisi atau management partisi bisa dengan mengklik tombol C sedangkan untuk melanjutkan proses instalasi bisa dengan menekan tombol ENTER.
Cara Menginstal Windows XP Step3

Nah disini kita bisa memilih untuk proses format partisi nya,usahakan gunakan NTFS file system untuk penyimpanan pada windows,karena merupakan rekomendasi dari Microsoft.Lebih baik gunakan opsi ke 3 untuk melakukan pemformatan dan pemilihan file system NTFS.
Cara Menginstal Windows XP Step4

Proses pemformatan pun berjalan seiring disusulnya dengan proses instalasi windows XP Service Pack 2.
Cara Menginstal Windows XP Step5

Jika sudah maka akan menampilkan bahwa instalasi akan membutuhkan restart.
Cara Menginstal Windows XP Step6

Proses instalasi masih berjalan kita tunggu saja sampai selesai.
Cara Menginstal Windows XP Step7

Disini kita bisa konfigurasi layout pada keyboard dengan mengklik Customize untuk melanjutkan ke langkah berikutnya klik Next >.
Cara Menginstal Windows XP Step8

Atur nama untuk akun yang digunakan pada windows XP beserta nama organisi (optional).
Cara Menginstal Windows XP Step9

Masukkan product key untuk melanjutkan proses instalasi pada windows XP service pack 2,gunakan product key dibawah ini jika tidak ingin repot,klik Next > untuk melanjutkan.
Cara Menginstal Windows XP Step10

Masukkan nama computer yang di inginkan,isikan juga password tetapi jika tidak ingin menggunakan password bisa membiarkan kolom tersebut kosong.
Cara Menginstal Windows XP Step11

Atur zona waktu dan tanggal pada windows XP jika sudah klik Next > untuk melanjutkan.
Cara Menginstal Windows XP Step12

Atur juga untuk konfigurasi pada jaringan pilih Typical Settings untuk pengaturan jaringan secara otomatis atau pilih Custom Settings untuk pengaturan jaringan secara custom.
Cara Menginstal Windows XP Step13

Klik Next > untuk melanjutkan tetapi jika ingin mengubah nama WORKGRUP silahkan ganti di kolomnya.
Cara Menginstal Windows XP Step14

Tunggu sejenak windows XP akan melanjutkan proses instalasi driver dan software tambahan.
Cara Menginstal Windows XP Step15

Windows XP sudah terinstall tetapi membutuhkan sedikit konfigurasi sedikit lagi,klik Next > untuk melanjutkan.
Cara Menginstal Windows XP Step16

Untuk melakukan proses update berkala secara otomatis pilih Help Protect My PC,sedangkan untuk melakukan proses update secara manual pilih Not right now.
Cara Menginstal Windows XP Step17

Klik Skip jika tidak membutuhkan konfigurasi otomatis pada windows XP.
Cara Menginstal Windows XP Step18

Disini kita akan ditanyai apakah ingin melakukan registrasi akun baru microsft pilih Yes untuk melakukan registrasi,pilih No untuk tidak melakukan registrasi.
Cara Menginstal Windows XP Step19

Atur nama computer,bisa mengatur untuk nama yang lebih Panjang seperti nama ke 2,ke3,ke 4 dan seterusnya.
Cara Menginstal Windows XP Step20

Ini merupakan tahapan akhir dari proses instalasi windows XP klik Finish untuk melanjutkan.
Cara Menginstal Windows XP Step21

Gambar dibawah ini merupakan tampilan windows XP Service Pack 2 yang telah terinstall.
Cara Menginstal Windows XP Step22


Subscribe to OUR NEWSLETTER