Mengenal Whoami Dalam Linux

Mengetahui user yang sedang aktif atau yang sedang digunakan saat menggunakan linux dengan menggunakan perintah whoami.
Mengenal Whoami Dalam Linux

User merupakan orang atau pengguna yang menggunakan sautu layanan,user bisa juga disebut seseorang (banyak) atau orang, sedangkan linux merupakan sistem operasi yang mirip dengan unix dan menggunakan kernel linux, sedangkan whoami sendiri yang berarti siapa saya?

Daftar Isi

Didalam sistem operasi berbasis linux banyak syntax yang tidak kita ketahui secara jelas tetapi disini saya akan memberikan sedikit syntax yang sangat bermanfaat apabila temen-temen sedang memanajemen akun yang lebih dari 1.

Apa Itu Who Am I ?

Who am i dalam bahasa indonesia yaitu siapa saya? syntax whoami sangat berguna dalam manajemen akun apalagi akunnya banyak dan temen-temen sedang menggunakan cli sebagai interfacenya, pasti sangat membingunkan yang sudah terbiasa menggunakan gui di windows, lalu bagaimana mengetahui user yang sedang digunakan saat ini?

Cara Penggunaan Whoami

Untuk penggunaannya pun sangat sederhana dan simple, tinggal kita buka terminal dengan shortcut CTRL + ALT + T lalu ketikkan whoami.

Mengenal Whoami Dalam Linux

Di dalam gambar tersebut ketika saya mengetikkan perintah whoami maka operating system akan merespon dan memberikan saya status bahwa user yang sedang digunakan sekarang adalah rdp77.

Manfaat Menggunakan Whoami

Meskipun perintah ini sangatlah sederhana dan simple tetapi ada beberapa manfaat yang didapatkan dari menggunakan perintah ini loh, antara lain adalah:

  • Memudahkan manajemen akun yang sangat banyak
  • Mempersingkat waktu
  • Mengetahui user yang aktif atau yang sedang digunakan sekarang
  • Lebih simple karena baris perintah sedikit

Posting Komentar