Menginstall Sistem Operasi Dengan Rufus

Menginstall Sistem Operasi Dengan Rufus

Pasti temen-temen sudah mengenal namanya sistem operasi,ituloh semacam software untuk mengoperasikan software lainnya dan juga sebagai penghubung antara hardware dan software,Contohnya nih seperti operting system yang sering temen-temen pakai yaitu Windows adapun juga yang opensource seperti Linux dan adapun juga seperti Mac OS.
Nah pasti temen-temen bakal berifikirkan kalau menginstall sistem operasi itu mudah seperti layaknya menginstall software di dalam sistem operasi tinggal next next saja sudah kelar hehehe,Tetapi untuk menginstall sistem operasi itu bener-bener ribet kita harus mengetahui partisi apa yang kita gunakan seterusnya kita harus mengetahui kita memakai bios atau uefi.

Nah langkah selanjutnya kita diharuskan membuat bootable nah fungsi bootable inilah sebagai file untuk kita install atau biasa disebut file mentahannya sistem operasi sebelum di install di pc.

Lalu Bagaimanakah Cara Membuat Bootable

Untuk cara membuat bootable ini sangat mudah menurut saya tinggal menyiapkan flashdisk kosong yang siap diformat dan diisi dengan file mentahan sistem operasi kita.
  1. Siapkan file sistem operasi dalam bentuk extension .iso ya (Mengenal apa itu file extensions).
  2. Lalu download rufus disini.
  3. Colokkan flashdisk temen-temen di pc atau laptop.
  4. Pada bagian Device temen-temen bisa pilih flashdisk mana yang ingin digunakan,Lalu klik SELECT untuk mencari file sistem operasi temen-temen yang berbentuk .iso extensions.
  5. Menginstall Sistem Operasi Dengan Rufus
  6. Pada bagian Partition Schema pilih shema partisi temen-temen (Membedakan schema partisi).
  7. Lalu klik start dan tunggu proses selesai.
  8. Menginstall Sistem Operasi Dengan Rufus

Subscribe to OUR NEWSLETTER